Kamis, 09 Juni 2011

Tip & trik Membeli Mobil Bekas Mobil Second

Berencana membeli mobil bekas atau mobil second, dibawah ini Tips & Trik untuk mempermudah Anda :

Tempat Membeli
Membeli mobil bekas merupakan solusi untuk mendapatkan mobil dengan harga terjangkau dan layak pakai. Saat ini sangat marak pencurian kendaraan, sehingga pastikan membeli kendaraan di tempat atau dealer yang terpercaya, atau tempat yang direkomendasikan oleh orang yang Anda percayai. Jangan sampai terlena bujuk rayu harga murah, nanti sialnya anda dituduh sebagai penadah. Harga murah diluar kewajaran merupakan indikasi yang layak untuk Anda cermati.

Harga & Kemampuan keuangan
Tentukan jenis kendaraan yang Anda inginkan, lakukan survey untuk mengetahui harga pasar baik melalui surat kabar, internet, ataupun teman yang Anda percayai. Apabila anda membeli secara kredit minimal Anda harus membayar DP sebesar 10%, pastikan angsuran cicilan sesuai dengan kemampuan Anda, dengan patokan jangan sampai diatas 20% dari pendapatan Anda.

Teliti sebelum membeli
Pastikan periksa kondisi mobil yakni riwayat perawatan kendaraan (terliat dari buku service kendaraan), jangan terlalu mempercayai kilometer di speedometer karena saat ini dengan gampang bisa dirubah kilometer sehingga memperkecil kilometer.

Cek bodi atau sasis kendaraan, bukalah kap mesin dan periksa sudut-sudutnya sehingga terlihat bekas kalo pernah tabrakan, dan cek visual warna cat. Periksa sudut sudut kendaraan cobalah anda raba, biasa kalo bekas tabrakan akan terasa berbeda permukaan catnya.

Cek kelistrikan kendaraan seperti lampu-lampu, kondisi AC, Tape dan CD.

Cek kepemilikan mobil yakni BPKB, dan lihatlah riwayat kepemilikan dan lokasi alamat pemilik sebelumnya. Biasanya kalo lokasi dekat laut, kemungkinan karatnya besar. Cek keabsahan STNK dan BPKB ke bagian Direktorat lalu lintas.

Test Drive
Anda harus mencoba kendaraan sehingga Anda mengetahui kondisi keseluruhan kendaraan. Kendarailah sehingga diketahui fungsi elektrikal seperti lampu utama, lampu sein, lampu kabim, central lock, power window, audio, wiper, dan AC.
Kendarailah ke berbagai tipe jalan sehingga anda mengetahui kondisi rem, suspensi,suara mesin perhatikan apakah ada suara yang tidak wajar,  kendarai dengan berbagai variasi kecepatan sehingga diketahui apakah pergantian gigi bisa lembut dan stabil.

Asuransi
Tanyakan kepada penjual apakah kendaraan tersebut masih dijamin oleh asuransi, kalo masih dijamin asuransi coba cek apakah asuransi All Risk atau Total Lost Only. Apabila belum ada, selayaknya Anda persiapkan dana tambahan untuk Asuransi.

Pikiran Tenang & Jangan Ambil Resiko
Tenang dan tidak terburu-buru… sehingga Anda akan mendapatkan mobil Idaman dengan Harga wajar dan kondisi yang bagus. Apabila Anda masih kurang yakin, ajaklah seorang Mekanik berpengalaman untuk memberikan masukan.
Apabila anda mencurigai bahwa mobil tersebut pernah kena banjir, tabrakan, atau surat-surat tidak jelas, lebih baik Anda cari Alternatif pilihan lain, walaupun harga mobil tersebut kategori murah.

Demikian semoga berguna.

Salam.. Selamat membeli mobil

2 komentar:

  1. info yang menarik mas, ini cocok bagi para penggemar mobil dengan kantong minim, berkunjung juga ya ke blog saya, salam sukses

    BalasHapus

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.