Kamis, 02 Juni 2011

Yuuk Buka Usaha Rental Mobil Sewa Mobil (2)

Yuuup... Ini tulisan kedua mengenai usaha sewa mobil atau rental mobil. Setelah menentukan jenis usaha rental atau sewa mobil yang akan digeluti, saatnya anda memilih jenis mobil yang akan anda beli. Kriteria pembelian ini meliputi jenis mobil baru atau bekas, merk dan jenis kendaraannya.

Ok, mari kita ulas masing-masing jenis pengadaan mobil rental sewa mobil  :
1. Membeli Mobil Baru,
Membeli mobil baru sebenarnya saya sarankan untuk memulai usaha ini, terutama apabila anda hanya mempunyai sedikit pengetahuan mengenai kondisi mesin. beberapa keuntungan pembelian mobil baru adalah :
  • Kondisi mesin dipastikan bagus dan tanpa kendala, selanjutnya anda harus mematuhi prosedur perawatan mesin, terutama yang berkaitan dengan ganti oli mesin, oli gardan, oli perseneleng.
  • Interior dalam dalam kondisi bagus wangi.
  • Ban dalam kondisi mulus dan tidak perlu penggantian.
  • Body kendaraan dipastikan mulus, karena ini salah satu faktor yang menentukan jadi atau tidak penyewa memakai mobil sewa dari perusahaan Anda.
 2. Membeli Mobil Bekas
Membeli mobil bekas perlu keahlian dan seni tersendiri. Untuk membeli mobil bekas dianjurkan Anda membeli paling lama adalah 5 (lima) tahun lebih lama, perhatian catatan servis kendaraan, kilometer pemakaian, dan lokasi pemilik sebelumnya, dan sudah berapa kali ganti kepemilikan.
Yang perlu anda perhatikan adlah dana cadangan untuk perseipan sebelum pengoperasian, biasa sebelum dioperasikan segera Anda periksa :
  • Ban
  • Rem 
  • Kopling
  • Ganti oli mesin, perseneleng, oli gardan
  • Ganti Sarung jok dan karpet dasar
  • Kaki-kaki
Hal-hal tersebut biasa memerlukan penggantian biasanya cadangan dana untuk persiapan berkisar Rp. 1.500.000,- sampai dengan 3.000.000,- tergantung kondisi meobil yang Anda pilih. Biasakan sebelum membeli mobil bekas ajak kawan atau teman anda yang mengerti mesin.
Keutungan mobil bekas adalah meringankan beban cicilan bulanan anda saat memulai usaha rental mobil sewa mobil, biasanya perlu waktu 3 (tiga) bulan untuk memperoleh pelanggan agar anda mencapai titik BEP operasional.

Jenis kendaraan yang biasa digunakan dan disarankan untuk rental mobil atau sewa mobil  adalah mobil niaga (keluarga) yakni Avansa, Xenia, APV, Innova. Untuk awal disarankan untuk mulai dengan Xenia, Avansa, APV, sedangkan untuk innova disarankan setelah mempunyai pengalaman operasional baru anda beli, karena harga dan cicilan innova lebih mahal daripada kendaraan sekelas avansa xenia atau APV. Kenapa kendaraan tersebut karena kendaraan tersebut termasuk jenis fast moving (banyak dicari pelanggan).

Salam....

1 komentar:

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.