Kamis, 19 Mei 2011

BAGAIMANA MULAI USAHA BARU (2)

Melanjutkan tulisan sebelumnya, setelah menentukan jenis usaha, saatnya untuk meminimalkan resiko dan meningkatkan peluang keberhasilan. Beberapa tahapan yang harus dilakukan adalah :

1.    Survei usaha sejenis yang sudah berjalan
Observasi ini berguna untuk menambah pengetahuan jenis usaha tersebut, sehingga mengetahui bagaimana operasional suatu usaha, pelatihan tenaga kerja, pengadaan bahan baku, cara berpromosi, penentuan strategi harga, peningkatan nilai tambah,serta  kekuatan dan kelemahan pesaing. Survei dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain : survey langsung, dan melalui buku referensi.bahkan lewat media online sekalipun, Setelah dilakukan langkah ini diharapkan pengetahuan akan usaha tersebut secara detail dapat dimiliki. Detail mengenai apa yang harus diketahui dalam survey akan diuraikan dalam tulisan lain.

2.    Ask the expert
Jika memungkinkan alangkah menyenangkan apabila dapat mendapatkan ilmu langsung dari yang bersangkutan. Memang hal ini kadang agak sulit untuk dilakukan. Saat ini terdapat komunitas-komunitas yang menjadi tempat berkunpulnya wirausaha, dengan bergabung di komunitas tersebut akan menambah wawasan Anda.

3.    Short cut… Ambil salah satu Business Opportunity (BO) atau Franchise
Ini merupakan jalan singkat dalam membuka usaha.. Tetapi yang menjadi catatan adalah dengan suatu Franchise dan BO tidak menjamin 100% keberhasilan, tetapi hanya meminimalkan resiko usaha. Perlu keahlian untuk menentukan Franchise dan BO yang akan Anda ambil dalam usaha. Franchise memberikan kemudahan karena mempunyai standar operating prosedur baku (SOP), dukungan promosi nasional, jaminan bahan baku, standarisasi mutu (kualitas), pelatihan SDM. Apabila kita membuka usaha hal-hal tersebut harus Anda ciptakan dan susun sebagai standar yang akan diterapkan dalam bisni Anda.

Demikian ulasan tahapan untuk membuka usaha yang akan mempermudah langkah Anda. Sampai jumpa ditulisan selanjutnya.

Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.